RSS

Mencegah dan Mengatasi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

14 Jun

By Lika Aprilia Samiadi,  June 13, 2011 05:42 pm WIT

Munculnya lingkaran hitam di bagian bawah mata bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya hidung tersumbat, kurang tidur, alergi, proses penuaan, perubahan hormon yang berhubungan dengan kehamilan atau menstruasi, kekurangan vitamin, dehidrasi, terlalu banyak merokok, disfungsi hati, efek samping obat, terlalu banyak terpapar sinar ultraviolet, atau faktor keturunan.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mencegah munculnya lingkaran hitam?

1. Kurangi konsumsi kopi, soda, dan minuman yang mengandung kafein. Perbanyak air putih.
Minuman bersoda mengandung pemanis sintetis yang membuat bagian sekitar mata terlihat membengkak dan warnanya lebih gelap. Kafein membuat tubuh tak menyerap air dengan baik dan menyebabkan dehidrasi. Akibat dehidrasi, racun tak terbuang dengan sempurna dari tubuh dan menyebabkan warna kulit, termasuk di sekitar mata, menggelap.

2. Kurangi makanan siap saji.
Makanan kalengan dan yang mengandung bahan pengawet memperbanyak jumlah racun yang masuk ke dalam tubuh. Racun inilah yang jika tak terbuang ke luar akan menumpuk dan menggelapkan kulit.

3. Perbanyak makan sayur dan buah.
Nutrisi yang terkandung dalam sayur dan buah bisa membantu mengusir racun dan mengurangi lingkaran hitam.

4. Tidur cukup.
Pastikan Anda tidur tak terlalu larut, minimal enam jam sehari. Jika lingkaran hitam sering sekali muncul di wajah Anda, cobalah tidur dengan dua bantal untuk membuat posisi kepala agak lebih tinggi saat tidur.

Bila lingkaran hitam sudah terlanjur muncul, jangan khawatir. Ada beberapa cara mengatasinya, seperti:

1. Kompres dengan teh celup yang sudah disimpan di dalam kulkas
2. Kompres dengan irisan mentimun
3. Gunakan produk kecantikan yang berfungsi menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata.

Sumber : http://id.promotion.yahoo.com/stylefactor/artikel/post/stylefeatures/110/mencegah-dan-mengatasi-lingkaran-hitam-di-bawah-mata.html

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 14 Juni 2011 in HOME, Tips Cantik dan Sehat, Tips Kecantikan

 

Tag: ,

4 responses to “Mencegah dan Mengatasi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

  1. arief ferry yanto

    14 Juni 2011 at 20:01

    oh gitu ya yun,,merokok sich gak tapi kenapa yang gak boleh malahan makanan yang enak2,,n minuman jg,,,apalagi kopi susu pake es diminum waktu cuaca lagi panasss..ehm..segerrrr..

     
    • yuunie

      14 Juni 2011 at 20:57

      hehe,,, wah kaka,, aku jadi pengen minum kopi,,,😀
      bukannya ga boleh ka,, boleh ko,,, tapi jangan terlalu sering,,,, soalnya kan makanan fastfood itu mengandung banyak lemak dan pengawet,, ga baik buat kesehatan klo makannya terlalu sering,,,, terutama kulit,,, baiknya banyak makan sayur, buah dan minuman,,, biar kulit terlihat lebih segar juga sebagai antioksidan buat tubuh ka,,,
      seperti yang dijelasin di artikel di atas,,,, lingkaran hitam itu kemungkinan besar muncul klo tidurnya tidak teratur,,,
      gtu ka,, gmana?

       
  2. arief ferry yanto

    15 Juni 2011 at 12:44

    ehmm…bener2 juga sich,,ya udah kalo lg jalan2 ntar cari restoran padang aj dech or masakan sunda

     
    • yuunie

      15 Juni 2011 at 14:46

      hehe… iya ka,,, sekaligus melestarikan masakan asli indonesia juga,,,🙂

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: