RSS

Siswa Siswi Jepang Paling Sopan di Dunia

25 Mei

Makin salu aja sama jepang,,,, patut dicontoh niiih,,,, Budayakan adat timur,,, biar mental penerus bangsa tidak semakin terpuruk,,,

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO – Jepang bisa membanggakan disiplin siswa-siswi negara tersebut di sekolah. Perilaku siswa Jepang di kelas itu lebih baik atau terbaik dunia. Demikian hasil penelitian internasional.

Menurut hasil penelitian tersebut, murid-murid di Jepang menempati posisi tertinggi dalam peringkat perilaku baik. Laporan dari forum kerjasama ekonomi OECD mendapati jumlah gangguan di kelas pada tahun 2009 lebih sedikit jika dibandingkan angka hasil penelitian tahun 2000.

Siswa-siswi di Inggris berperilaku lebih baik jika dibandingan perilaku rata-rata siswa di negara lain. Namun, negara dan kawasan Asia mendominasi posisi teratas di daftar peringkat perilaku terbaik.

OECD menerbitkan analisis statistik perilaku yang dihimpun sebagai bagian dari penelitian internasional forum tersebut. Penelitian itu juga membandingkan kinerja sistem pendidikan.

Penelitian OECD mencermati tingkat gangguan yang terjadi di kelas dari segi berapa lama guru harus menunggu siswa usia 15 tahun ”menjadi tenang” dalam proses belajar. Penelitian mendapati bahwa, meski banyak pihak merisaukan perilaku buruk, kemungkinan remaja gaduh dan berulah itu menurun jika dibandingkan dengan hasil analisis internasional serupa pada 2000.

”Keyakinan umum selama ini mempercayai disiplin siswa turun dari satu angkatan ke angkatan berikutnya. Keyakinan tersebut juga mempercayai bahwa para guru kehilangan kendali atas kelas mereka. Namun, keyakinan umum itu keliru,” kata laporan OECD. ”Antara tahun 2000 dan 2009, disiplin di sekolah ternyata tidak memburuk. Bahkan, di banyak negara disiplin siswa justru meningkat.”

Negara-negara dan kawasan di Asia menempati tujuh dari 10 tempat teratas. Tiga tempat teratas ditempati oleh negara di Eropa timur.

Dua sistem persekolahan Cina (Shangai dan Hongkong) berada di posisi empat teratas. Ini mencerminkan munculnya Cina sebagai adidaya pendidikan yang tengah bangkit.

Dalam hasil pengukuran penelitian terhadap keterampilan baca-tulis yang diterbitkan bulan Desember, sistem persekolahan Shanghai menempati posisi teratas di dunia. Dalam penelitian perilaku ini, Inggris menempati posisi ke-28 dengan skor yang menempatkan perilaku siswa Inggris di atas rata-rata. Posisi Inggris di belakang Amerika Serikat dan Jerman, tapi di atas Prancis dan Italia.

Peringkat pendidikan internasional hasil penelitian OECD ini menempatkan negara-negara Skandinavia di posisi bawah. Finlandia, yang biasanya berada di peringkat teratas urutan sekolah dunia, berada di tiga posisi terbawah. Hanya Argentina dan Yunani yang disebut mengalami gangguan lebih banyak di dalam kelas.

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada 25 Mei 2011 in HOME, Japan

 

Tag:

6 responses to “Siswa Siswi Jepang Paling Sopan di Dunia

  1. Acep

    26 Mei 2011 at 00:05

    nice:)…
    semoga siswa indonesia makin sopan2
    walaupun tidak ada di pembahasan:)

     
    • yuunie

      26 Mei 2011 at 00:27

      pembahasan apa maksudnya sep?

       
  2. oca_ikcs

    27 Mei 2011 at 08:50

    gk bakal percaya hasil studi itu klo nonton film GOKUSEN. Anak sekolahnya berantem mulu…

     
    • yuunie

      27 Mei 2011 at 14:41

      kalo dibandingin sama murid2 di indonesia lebih sopanan mana ca???
      hehe
      tapi kalo kalo menurutku sih iya ca,,,
      kalo di gokusen kan karena murid2nya bermasalah,,,,
      mungkin hanya beberapa yang kasusnya kaya di gokusen,,, tapi pasti ada murid2 kaya gitu,,,😉

       
  3. arief ferry yanto

    9 Juni 2011 at 10:20

    kalo untuk indonesia diperingkat keberapa yun,,tapi kalo untuk pakaian Indonesia paling sopan,,coba kalo di jepang khan pakaian seksi2 kayak ditv.

     
    • yuunie

      10 Juni 2011 at 05:16

      hhmmm,,,, kalo menurut aku,,, karena aku juga suka jepang,,, hehe,,,, kalo untuk sikap jepang lebih sopan ka,,, mereka lebih bisa menempatkan diri ketika ada orang yang lebih tua atau bagaimana mereka bersikap menghargai orang lain,,, contohnya bisa diliat di film2 atau acara di TV,, soalnya budaya timur kita lebih kuat,,, kalo dibandingin sama indonesia untuk di derah pedesaan mungkin sikap sopan masih ada tapi hanya beberapa,,, namun jika dibandingkan dengan daerah perkotaan,,, siswa2nya kurang bersikap sopan,,, karena pengaruh dari budaya barat
      kalau masalah pakaian kalau di jepang memang mereka lebih fashionable,,, lagian kan sebagian besar bukan beragama islam,,, kalau di indonesia sekarang2 kalau sekarang2 udah mulai mengikuti fashion jepang dan korea,,, tapi untuk berpakaian masyarakat indonesia lebih sopan karena sebagian masyarakatnya beragama islam,,,, gitu ka,,,🙂

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: